Peremajaan tampang sikebo dengan sein New Vixion Lightning

DSC_1516
Ku melawan penuaan dini guys :mrgreen:

Halo rek, ada beberapa  hal yang Raya tidak sreg dengan tampilan sikebo yang kian hari kian tua 😀 akibat bombardir motor-motor baru. Salah satunya dari model sein, awalnya sih fine aja lha wong memang motor sport keluaran pabrikan garputala selalu pakai sein model yang sama dengan si kebo. Contoh: vixion lawas, new scorpio, r6, r1, r15 india. Ketiga motor terakhir hanya beda warna mika sein saja. Tapi rasa fine tadi lambat laun terusik setelah muncul motor baru dengan desain sein lebih ciamik kayak punya si NVL atau R15, lebih keren dan meruncing, tapi lebih panjang dan besar dari versi lawas. Lantas muncul ide buat ganti sein bawaan sikebo yang sudah termakan usia dan cuklek (patah) dengan punya NVL.

Raya mulai kepincut sama byson yang udah pakai sein NVL ketika bertemu sewaktu berangkat ke kampus, kok kesannya sangar gitu, serasi dengan bodinya yang penuh dengan lekukan, juga terkesan anti mainstream lah 😎 Setelah beberapa minggu menabung, akhirnya Raya tebus sein NVL satu set depan-belakang buat menggantikan sein byson yang udah patah. Padahal yang patah satu, tapi beli 4 buat penggantinya, Raya mah gitu :mrgreen: Harga sein NVL ini tidak sama antara sein kiri dengan kanan, seingat saya yang kanan 67rb yang kiri 66rb. Maaf udah lupa harganya, bon udah ikutan kebuang. Pokoknya beda harga antara kiri dan kanan. Mending cek di katalog sparepart yamaha deh.

Kalau beli 4 buah, bakal dikasih 4 dus kecil. Lha wong satu dus isi satu sein 😀 pas dibuka, keempat sein ini secara fisik sama persis hanya beda panjang kabel (yang belakang lebih pendek sedikit). Jika dibandingkan dengan sein lama, kabel sein NVL ini lebih pendek terutama yang belakang. Secara fisik memang tinggal pnp saja, tapi sein belakang harus pakai kabel yang bawaan sikebo kalau gak mau ribet nyopot kabel dan buka bodi belakang karena sein NVL pendek banget kabelnya.

DSC_1401DSC_1406

 

DSC_1407
cabut kabel dari soket bohlamnya

DSC_1409

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Cara pasangnya (khusus sein belakang) copot pengunci sein yang ada di dalam spatbor belakang pakai obeng +, posisinya agak ngumpet di sisi kiri dan kanan. Setelah penguncinya copot, lepaskan sein dari spatbor, tapi ketika dicopot posisinya bakal menggantung karena kabel dan bohlam masih tersambung. Kemudian, bongkar dulu sein lama dengan cara membuka mika lampu sein. Setelah itu ambil bohlamnya dan cungkil soket bohlam dengan obeng – dan di dorong ke dalam hingga kabel beserta soketnya bisa dilepas dari dudukan bohlamnya. Setelah isi sein bisa dilepas, tarik aja seinnya. Kemudian lakukan hal yang sama pada sein milik NVL karena nantinya bakal pakai kabel, soket, dudukan bohlam, dan bohlam dari sein yang lama. Cara ini juga berlaku untuk sein satunya.

DSC_1515

DSC_1516

 

 

 

 

 

 

 

DSC_1517

DSC_1518

 

 

 

 

 

 

Setelah terpasang sempurna, cek dulu apakah bisa menyala dengan lancar keduanya. Jika iya, sempurna 😀 Kelar sudah peremajaan tampang sikebo yang dimulai dengan penggantian part yang kecil (sein). Walaupun pemasangan sein belakang sedikit ribet tapi lumayan toh daripada nyopot kebel sampai buka bodi belakang. Thanks bro NP yang sudah meluangkan waktu gara-gara masang sein NVL ke motor Raya. Last, monggo dicoba kalau pengen ganti sein bawaan byson dengan sein NVL yang desainnya lebih gagah, kokoh, dan sangar. Tapi bentuknya lebih besar dan lebar, jadi kudu hati-hati nih rawan kesenggol di parkiran 🙁 (irzaraya)

2 gagasan untuk “Peremajaan tampang sikebo dengan sein New Vixion Lightning

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.