Yamaha Byson: pelopor mini streetfighter di Indonesia

wp_fz16_p06_1024Halo rek, apa kabar ? Sek penak jamanku toh ? meski Byson yang bukan hewan Amerika ini sudah ada dipasar otomotif Indonesia sejak lama, “gebrakan” yang dibawa motor satu ini masih berpengaruh bagi motor batangan keluaran setelahnya. “gebrakan” inilah yang menjadikannya sebagai pelopor aliran motorsport Indonesia yang baru hadir pada saat itu. Emang pelopor aliran apa kang ? yang jelas bukan aliran sesat :mrgreen: Sudah 6 tahun berlalu, sejak kemunculan si kebo ditanah air hingga kini dampaknya masih cukup signifikan bagi dunia permotoran di negeri kita. Dampak yang bijimane tuh ?

wp_fz16_p01_1680
FZ16=Byson

Mari kita flashback, muncul pertama kali di India tahun 2008 dengan nama FZ16. baru brojol disini pada tahun 2010 dengan nama Byson, setelah kemunculan Honda New Megapro yang digadang-gadang sebagai rival utama. Pabrikan garputala seolah “memaksa” melahirkan Byson karena saat itu kapasitas produksi line up motor ini tidaklah sebanyak line up lain. Keterbatasan kapasitas produksi inilah yang bikin pabrikan merasa kewalahan memenuhi permintaan konsumen yang kala itu sedang antusias dan sedang inden mengular (termasuk saya 😀 ).

original_251971_pnc_ig45nlaqh7tg8lhn2oz1l
FZ1, inspirasi Byson

Penginden beralasan motor ini adalah motor yang benar-benar fresh (saat itu) karena belum pernah ada yang berdesain seperti Byson. Desainnya sering dikait-kaitkan dengan naked big bike mancanegara yang umumnya gagah dan bertampang nyleneh seperti Yamaha FZ1, FZ8, FZ6, Ducati Monster, dkk. Gimana nggak nyeleneh ? pertama kalinya motosport 150cc Indonesia berbatok lampu ala moge FZ1, berbadan kekar berkat cover tanki ember plastik muscular design, stang kemudi lebar, kaki-kaki gambot, knalpot gemuk bin bantet yang saat itu belum populer. Hanya saja minus rem belakang yang masih jadul. Itulah ciri streetfighter yang diusung Byson, bukan oleh New Megapro (sorry to say but it’s true). Rival terdekatnya saya rasa masih kurang memenuhi kriteria Streetfighter. Jadi jelas Byson adalah pelopor kelas mini streetfighter, dikatakan mini karena mesin ‘cuma’ 153 cc atau digolongkan ke kelas 150 cc.

wp_fz16_p04_12801Dengan ciri khas yang dibawa sejak lahir menjadikannya sebagai panutan bagi motor-motor keluaran anyar. Jika dulu belum ada motor batangan berkaki gambot, setang lebar, berdesain bak moge, knalpot mirip ‘tahu goreng’, Bysonlah yang mengawalinya. Kini trend streetfighter sudah diikuti oleh NVL, NVA, All New CB150R, Minerva X-road, Xabre, dkk dengan ciri khas streetfighter masing-masing. Ciri khas itulah yang ditiru motor-motor keluaran anyar. Contoh saja Yamaha Vixion, sebelumnya Old vixion bertampang ceking dengan lampu bulat kemudian berlampu mirip paruh burung dengan menawarkan keunggulan teknologi mesin yang diusungnya. Dengan hadirnya Byson, Vixion ikut program fitness jadi seperti sekarang 😀 yang lain juga sih, kayak CB150R.

yamaha_fz16_011Sekarang bisa kita amati, rata-rata motor batangan 150cc keluaran anyar di Indonesia sudah berkaki gambot, berdesain ala moge, knalpot sudah tak melulu kayak pipa panjang. semua berawal dari ‘keanehan’ yang dimunculkan Byson. Terima kasih Byson 😀 :mrgreen: Well, ini hanya artikel ringan sekedar basa-basi aja manfaatin internet gratis di perpustakaan 😀 saya tidak ada niat menyinggung pengendara rival sikebo, saya hanya ingin berbagi cerita dan just for fun ! semoga bermanfaat

2 gagasan untuk “Yamaha Byson: pelopor mini streetfighter di Indonesia

  • 09/11/2016 pukul 07:05
    Permalink

    Saya juga salah satu pengendara sikebo, emang bener yang diceritakan. Dan feel brkendaranya itu beda. Sebelum beli sikebo sempat nyoba nmp,nvl,ovi,gl200,sama p220 yang fairing. Rasanya l3bih pas ergonomi (buat saya) dengan sikebo. Walau karakter mesinnya (gak perlu diceritakan) hehehe

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.